Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulasan Apple AirPods Max Dan Spesifikasi Lengkap

Airpods Max dari Apple tidak hanya menonjol karena harganya, tetapi juga karena desainnya yang minimalis, integrasi tanpa batas ke dunia Apple, dan bahan berkualitas tinggi. Cari tahu apa yang membuat headphone begitu istimewa dan fitur mana yang unik dalam pengujian berikut.

Apple AirPods Max

Untuk gambaran umum berikut adalah data teknis terpenting dari headphone:

Apple AirPods Max


  • Dua chip Apple H1 , satu di setiap earcup
  • Desain: tertutup, over-ear
  • Jenis Koneksi: Bluetooth 5.0 atau Lightning ke AUX
  • Bantalan Telinga: Magnetik dilepas dengan bantalan telinga empuk
  • Mikrofon: Sembilan, tiga untuk pengambilan suara dan delapan untuk pembatalan bising aktif
  • Berat: 385g
  • Mahkota digital untuk kontrol musik
  • Tombol untuk beralih antara pembatalan bising aktif dan mode transparansi
  • Beberapa sensor (sensor optik, sensor gyro, sensor posisi, sensor case, sensor akselerasi)
  • Kompatibilitas: perangkat apa pun dengan Bluetooth atau koneksi jack 3,5 mm saat menghubungkan adaptor
  • Warna: perak, abu-abu ruang, biru langit, merah muda, hijau

Instalasi AirPods Max

Komisioning Apple Airpods Max khas untuk Apple, sangat sederhana. Meskipun instruksi termasuk dalam ruang lingkup, ini tidak diperlukan karena commissioning sudah cukup jelas.

Pertama, pengguna harus memperbarui iPhone ke versi perangkat lunak saat ini. Ini mencegah kesalahan perangkat lunak atau masalah instalasi lainnya. Karena Airpods Max dikenakan biaya, pengguna dapat segera mulai menggunakannya.

Untuk  melakukan ini,  buka kunci iPhone  dan  aktifkan Bluetooth jika dimatikan. Kemudian panggil layar beranda dan keluarkan Airpods Max dari kasing  pintar  . Pegang ini dekat dengan  iPhone  sehingga  animasi  muncul. Jika tidak ada animasi yang muncul, periksa koneksi Bluetooth dan periksa perangkat lunak jika belum diperbarui.

Ketuk Hubungkan di animasi dan Airpods Max akan dipasangkan dengan smartphone. Secara opsional, headphone juga dapat dipasangkan secara manual dengan masuk ke pengaturan Bluetooth di ponsel cerdas mereka dan memilih headphone di sana.

Segera setelah  smartphone  dan Airpods Max terhubung satu sama lain, Apple akan melakukan tutorial lebih lanjut dalam animasi dan menjelaskan fungsi masing-masing tombol. Jika ini tampak terlalu sepele, ini juga dapat dilewati dan perangkat siap digunakan.

Nantinya, headphone akan secara otomatis terhubung ke smartphone setiap kali Anda memakainya, asalkan Bluetooth diaktifkan. Jika perangkat lain yang kompatibel ditautkan ke ID Apple yang sama dengan ponsel cerdas, seperti  iPad atau MacBook , Airpods Max juga terhubung ke perangkat tersebut saat dipasang.

Kualitas Suara & Mikrofon Apple Airpods Max

Dengan headphone pengguna mengharapkan suara yang kaya, jernih, dan penuh . Inilah yang didapatkan oleh pembeli Apple Airpods Max. Berkat equalizer adaptifperangkat secara otomatis menyesuaikan dengan gaya musik apa pun, menganalisis profil suara dan, misalnya, meningkatkan bass atau menurunkan bass. Akibatnya, bass dalam musik rap lebih ditekankan atau nada tinggi dalam musik klasik bahkan lebih jernih dari sebelumnya. Bahkan pada volume tertinggi, skor headphone dengan kejelasan yang meyakinkan, sehingga tidak ada suara yang terdistorsi atau tidak wajar. Namun, jika Anda hanya mendengarkan jenis musik tertentu dan ingin menyesuaikan profil suara yang sesuai, Anda hanya dapat melakukannya di pengaturan terpisah dari Apple. Karena Airpods Max tidak memiliki kelompok target yang tepat dari genre musik, tetapi beradaptasi dengan massa yang luas, suaranya sangat bagus, tetapi tidak secara individual disesuaikan dengan genre musik.

Kualitas mikrofon , di sisi lain, sedikit untuk label harga seperti itu. Meskipun headphone dari Apple memiliki sembilan mikrofon, kualitas suaranya tidak lebih baik dari Airpods Pro. Yang terakhir berharga sepertiga dari Airpods Max dan hanya dilengkapi dengan dua mikrofon. Namun, karena hanya tiga dari sembilan mikrofon yang bertanggung jawab atas kualitas suara dan sisanya menangani pembatalan bising aktif dan mode transparansi, fungsi ini tidak ada bandingannya.

Kenyamanan Apple Airpods Max

Dengan berat 385 g , headphone ini sangat berat dibandingkan dengan perangkat lain dalam kategori harga ini. Pesaing Sony, Sony WH-1000XM4, beratnya hanya 255g. Ini karena bahan dari Airpods Max, karena headphone ini terutama terbuat dari stainless steel dan aluminium berkualitas tinggi . Namun, ini tidak mengurangi kenyamanan membawa, karena pegangan pembawa terdiri dari jaring yang kokoh dan halus. Jika pengguna memakai headphone, beratnya didistribusikan ke seluruh jaringan, sehingga beratnya tidak diperhatikan.

Selanjutnya, Airpods Max dapat disesuaikan dengan ukuran yang diinginkan pada braket untuk telinga kanan dan kiri . Untuk melakukan ini, tarik braket sedikit lebih keras dan lepaskan dengan panjang yang diinginkan. Braket bergerak tanpa langkah dan tetap pada posisi yang ditetapkan.

Cangkir telinga magnet dengan lembut menutup telinga dan tidak menekan bahkan setelah beberapa jam dipakai. Jika ini akhirnya aus, pengguna dapat menggantinya dengan cangkir telinga Apple asli atau membeli cangkir aksesori murah.

Kontrol dari Airpods Max

Seperti khas Apple, Airpods Max dibuat sesederhana mungkin. Headphone hanya memiliki dua tombol yang dapat digunakan untuk mengontrolnya. Mahkota (disebut “Mahkota Digital”) , yang dikenal dari  Apple Watch , dan tombol memanjang lainnya.

Pengguna mengubah volume dengan memutar mahkota. Tekan sekali untuk menjeda pemutaran, tekan dua kali untuk memutar lagu berikutnya, dan tekan tiga kali untuk melompat kembali ke trek terakhir. Namun, dengan tombol memanjang, sebanding dengan tombol beranda pada iPhone tanpa ID Wajah atau jam tangan pintar Apple, pemakainya mengubah mode pemutaran. Anda dapat memilih antara mode netral, mode transparansi, atau pembatalan bising aktif.

Daya tahan baterai Airpods Max

Masa pakai baterai Airpods Max sangat mengesankan, karena satu kali pengisian baterai memberi pengguna kenikmatan musik hingga 20 jam , meskipun mode transparansi diaktifkan atau pembatalan bising aktif. Jika baterai benar-benar habis, pengguna dapat mengisi dayanya dalam waktu lima menit sehingga dapat mendengarkan musik hingga 1,5 jam.

Namun, karena tidak ada sakelar hidup/mati terintegrasi pada Airpods Max , perangkat tidak pernah mati sepenuhnya. Sebaliknya, itu dalam kondisi daya rendah atau daya sangat rendah tergantung pada apakah itu dalam kasus pintar atau tidak. Dalam kasus pintar, segera beralih ke status daya rendah tanpa menunggu lima menit. Headphone hanya beralih ke status daya sangat rendah setelah 72 jam tanpa casing dan setelah 18 jam dengan casing. Untuk mengetahui masa pakai baterai, pengguna menekan tombol panjang di dekat smartphone, dan muncul animasi yang menampilkan status baterai.

Casing Apple Airpods Max

airpods max


Casing pintar , secara tidak biasa, disertakan dengan Airpods Max. Ini dirancang untuk melindungi perangkat dari goresan, mendorongnya ke status daya sangat rendah dan cocok untuk transportasi. Yang terakhir setidaknya sampai batas tertentu, karena Airpods Max tidak dapat dilipat.

Setiap headphone lain dalam kategori harga ini memungkinkan perangkat untuk dilipat atau dilengkapi dengan hard case di mana perangkat ini benar-benar pas. Smart Case, di sisi lain , hanya melindungi penutup telinga dan membiarkan braket sensitif Airpods Max benar-benar gratis. Hal ini dapat merusak jaring pada braket selama pengangkutan. Karena Apple tidak menawarkan perbaikan untuk kasus seperti itu, satu-satunya pilihan adalah mengganti seluruh perangkat.

Masalah Goresan Apple Airpods Max

Aluminium dan stainless steel adalah bahan yang juga digunakan di iPhone, iPad atau MacBook. Semua memiliki masalah - mereka rentan terhadap goresan . Namun, ini sangat mengganggu dengan Airpods Max, karena perangkat Apple tidak ada di saku Anda atau dilindungi di atas meja, tetapi duduk di telinga Anda atau berbaring di ransel Anda. Jika pengguna tidak segera memasukkan headphone Apple ke dalam smart case, kedua earcup akan bergesekan satu sama lain saat dilepas. Awalnya ini belum terlihat, tetapi setelah beberapa minggu goresan yang dalam sudah terlihat di daun telinga.

Mode transparansi dan pembatalan bising aktif (ANC)

Dua fitur terbesar Airpods Max adalah active noise cancelling dan mode transparansi . Dengan fitur pertama, perangkat Apple menyaring kebisingan sekitar sehingga pemakainya dapat berkonsentrasi penuh pada musik tanpa terganggu oleh suara keras. Ini bekerja sangat baik untuk percakapan di kereta atau bus, dengan kebisingan lokasi konstruksi yang keras, terkadang ada nada yang dapat didengar pengguna. Apple belum menerapkan fitur ini dengan cara yang sangat unik, juga tidak berfungsi lebih baik daripada pabrikan lain dalam kategori harga yang lebih rendah. Dibandingkan dengan Airpods Pro, di sisi lain, sedikit peningkatan dapat diperhatikan.

Namun , mode transparansi ini unik karena Apple adalah satu-satunya produsen yang berhasil menampilkan suara dari dunia luar sedemikian rupa sehingga pemakainya tampak seolah-olah tidak memakai headphone, sehingga mereka dapat mendengar setiap suara dari dunia luar.

AirPods Max dengan spesial audio

Keistimewaan Apple adalah Spesial Audio . Jika pengguna menghubungkan Airpods Max ke Apple TV, ia dapat menonton film yang suaranya seperti di bioskop. Suara gemerisik semak di latar belakang terlihat berbeda dari percakapan antara dua aktor, sementara peluru yang lewat bergerak dari kiri ke lubang suara kanan. Hanya Apple yang menawarkan pengalaman suara ini.

Kesimpulan

Max di Airpods Max tidak hanya mengacu pada harga tetapi juga suara. Ini jelas, tanpa bass yang luar biasa, desainnya unik, berkualitas tinggi dan sederhana, dan fungsi perangkat lunaknya tak terkalahkan berkat integrasi ke dunia Apple. Siapa pun yang suka mendengarkan musik dan merupakan penggemar Apple tidak akan dapat menghindari perangkat ini. Tetapi jika Anda membutuhkan headphone yang selalu ada di setiap petualangan, Anda harus mendapatkan sesuatu yang lebih kuat.