Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Apple iPhone 13 : PRO, MAX, MINI

Bagi sebagian orang, Apple iPhone adalah alasan untuk menunggu berjam-jam di depan toko untuk menjadi salah satu pembeli pertama. Kami telah menguji empat perbedaan Apple iPhone 13 : PRO, MAX, MINI dengan nyaman dan menyajikan perbedaannya dalam artikel kami.

apple iphone 13



Setiap tahun di bulan September, raksasa teknologi secara tradisional mengadakan keynote yang ditunggu-tunggu oleh penggemar: Apple. Ini dimulai dengan PC, yang mengesankan karena kesederhanaan dan desainnya yang elegan, dan pada tahun 2007 Apple mentransfer kisah sukses ini ke pasar ponsel. IPhone merevolusi kegunaan dan tersedia dalam empat model berbeda dengan versi terbaru iPhone 13. Tapi apa yang membedakan cabang terbaru dan model mana yang terbaik untuk Anda?

Perbedaan secara detail Apple iPhone 13: PRO, MAX, MINI

Apple kini tidak hanya menjual satu model iPhone per tahun, tetapi empat perangkat utama. Ini ditujukan untuk kelompok sasaran yang berbeda dan memiliki fitur yang berbeda.

Terutama, Apple memisahkan jajaran menjadi model "normal" dan model Pro. Sementara model biasa lebih murah dan memiliki lebih sedikit fitur, model Pro ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan lebih banyak daya dan kamera yang lebih baik.

Apple iPhone 13 mini

Dengan iPhone 12, smartphone kecil muncul setelah waktu yang lama dari Apple dengan diagonal layar hanya 5,4 inci dan berat 140g. Ini membuatnya seukuran iPhone SE dan sangat praktis. Ini ditujukan untuk orang-orang yang tidak suka membawa smartphone besar di saku mereka atau wanita dengan tangan yang lebih kecil. Seperti iPhone 13 biasa, ia hadir dalam warna mawar, biru, hitam, putih, dan merah. Ada lagi magnet di bagian belakang yang disebut MagSafe yang secara nirkabel mengamankan kabel pengisi daya induktif pada iPhone atau menarik aksesori secara magnetis. Misalnya, Dompet MagSafe yang dikembangkan oleh Apple untuk menyimpan kartu kredit atau uang tunai. Memori iPhone 13 mini serta iPhone 13 adalah 128 GB dalam versi terkecil, 256 GB dalam ukuran sedang dan maksimum 512 GB.

Apple iPhone 13



Apple iPhone 13

Dengan layar diagonal 6,1 inci dan berat 173 g, iPhone 13 lebih besar dan lebih berat daripada model mini. Selain itu, daya tahan baterainya sekitar dua belas jam, sedangkan iPhone 13 mini hanya bertahan maksimal sepuluh jam. Namun, kameranya sama, dengan kamera utama 12 megapiksel dan bukaan f/1.6, dan kamera sudut ultra lebar, juga 12 megapiksel tetapi dengan bukaan f/2.4. Hal ini memungkinkan kamera untuk mengambil bidikan sudut lebar yang menangkap bagian gambar yang lebih besar dan menciptakan "tampilan mata ikan" yang khas. Kedua model juga dilengkapi dengan sertifikasi IP68. Hal ini menjamin iPhone 13 tidak akan rusak terkena air saat ditenggelamkan sebentar di kolam, terkena hujan atau saat cangkir kopi tumpah di ponsel.

Apple iPhone 13



Apple iPhone 13 Pro

Dengan diperkenalkannya iPhone 11, Apple mengikuti pembagian jajaran menjadi model Pro dan model reguler. Sementara pada tahun 2019 model Pro hampir tidak berbeda dari perangkat normal, perbedaannya lebih terlihat pada seri model ini.

Yang lebih kecil dari dua model memiliki layar 6,1 inci, berat 203g dan memiliki sertifikasi IP68 yang sama untuk perlindungan terhadap kerusakan air seperti model biasa. Tapi di sinilah kesamaan berakhir, karena model Pro datang dalam warna yang berbeda, memiliki tiga kamera, bukan hanya dua, layar yang lebih cerah, pemindai LiDAR untuk menangkap kedalaman gambar dan kecepatan refresh variabel antara sepuluh dan 120 Hertz, bukan hanya 60 Hertz. Selain itu, ada bingkai baja tahan karat yang lebih stabil, yang menarik lebih banyak goresan dan memiliki lapisan mengkilap yang kontras dengan kaca matte di bagian belakang. Daya tahan baterai smartphone ini, di sisi lain, hanya sekitar 11,5 jam, tetapi kapasitas penyimpanannya mencapai 1024 GB.

Apple iPhone 13 Pro Max

Model terbesar dari smartphone dari Apple secara logis juga yang terberat dengan diagonal layar 6,7 inci dan berat 238 g. Demikian juga, daya tahan baterai paling lama, hampir 14 jam. Selain itu, tidak ada bedanya dengan iPhone 13 Pro, karena kamera telefoto 12 megapiksel tambahan dengan zoom optik tiga kali lipat dan aperture f/2.8 sama. Berbeda dengan model normal, inti grafis lain terintegrasi ke dalam prosesor dalam model Pro. Perbedaan ini hampir tidak terlihat dalam penggunaan sehari-hari, tetapi mendukung prosesor dalam aplikasi intensif grafis dan mempercepat aplikasi.

Model mana yang cocok untuk saya? Apakah saya memerlukan model Apple iPhone Pro?

Pada tahun 2007, Apple hanya menawarkan iPhone karena tidak ada kebutuhan atau kelompok sasaran yang berbeda saat itu menginginkan smartphone dari Apple. Selama beberapa tahun terakhir, permintaan pada  smartphone  telah tumbuh begitu signifikan dan kelompok sasaran menjadi lebih berbeda sehingga Apple tidak hanya menawarkan model yang berbeda, tetapi juga membuat perbedaan yang jelas antara pengguna profesional dan pribadi. Perangkat yang terakhir untuk penggunaan komersial berisi judul "Pro".

Karena ini membingungkan bagi orang awam yang tidak berpengalaman, berikut adalah empat profil kasar yang menyederhanakan keputusan pembelian jika alasan pribadi untuk atau menentang model tidak mendominasi:

Favorit kelas ringkas dengan iPhone 13 mini

Ukuran penting dan itulah mengapa model mini sangat kecil. Dengan tampilan diagonal hanya 5,4 inci, celana ini dapat dimasukkan ke dalam saku celana wanita terkecil sekalipun dan diletakkan dengan nyaman di saku celana pria. Meskipun tangan pria dan wanita kecil, pengguna dapat dengan mudah mencapai tepi atas layar dan berkat kekompakannya, risiko retak saat jatuh dapat dikurangi.

Apple iPhone 13 normal

iPhone 13 normal adalah model yang paling cerdik. Layar besar, kinerja yang hampir sama dengan model Pro, dua kamera untuk perekaman video berkualitas tinggi dan masa pakai baterai yang sangat baik.

"Influencer" dengan iPhone 13 Pro

Kamera yang sama seperti pada model yang lebih besar, tetapi dalam faktor bentuk yang kecil, tampilan yang mulus dengan kecepatan refresh 120 Hertz dan inti prosesor tambahan di unit grafis untuk mengedit gambar dan video. Yang lebih kecil dari dua model Pro hadir dengan tiga lensa, bukan dua dan karena itu cocok untuk fotografer amatir.

Pengguna hardcore dengan iPhone 13 Pro Max

Model terbesar di jajaran smartphone dari Apple tahun ini memiliki daya tahan baterai paling lama dan layar terbesar. Selain itu, tidak berbeda dengan model Pro yang lebih kecil.

Siapa pun yang menggunakan ponsel cerdas mereka selama beberapa jam sehari, baik untuk hiburan atau aktivitas bisnis dan lebih menyukai layar besar, akan memilih model Pro yang lebih besar.

Kami memiliki banyak rekomendasi tentang berbagai topik teknologi! Anda mungkin juga tertarik


Hati-hati dengan penyimpanan memori

Berkat kamera baru, model Pro dalam jajaran produk memungkinkan pembuatan film file video 4k di ProRes. Ini berarti bahwa resolusinya sangat tajam dan format video sangat fleksibel sehingga ada sejumlah opsi untuk menyesuaikan klip dalam pasca-pemrosesan. Namun, ini hanya mungkin pada model dengan memori minimal 256 GB. Varian entry-level dengan 128 GB tidak memungkinkan pembuatan film dalam format ini, karena seluruh memori iPhone akan habis setelah sekitar 20 menit. Bahkan model terbesar dengan memori 1024 GB dapat merekam film selama maksimal tiga jam sebelum materi video memenuhi memori.

Isi didalam Apple iPhone

Belum lama berselang, kabel pengisi daya adaptor daya yang sesuai, dan bahkan EarPods ditemukan di dalam kotak di samping iPhone. Setelah EarPod hilang, adaptor daya tidak lagi disertakan: Semua model iPhone 13 hanya dilengkapi dengan kabel USB-C ke Lightning. Apple membenarkan ini dengan tujuan lingkungannya sendiri dan pengurangan ekstraksi bahan mentah. Pada prinsipnya, argumennya juga masuk akal, sebagian besar rumah tangga telah mengumpulkan seluruh kabel pengisi daya dan catu daya dari waktu ke waktu, jadi satu tambahan tidak masalah.

Tentu saja, pengguna juga dengan benar memperhatikan bahwa mereka sekarang mendapatkan lebih sedikit barang elektronik dengan harga yang sama, seperti yang biasa mereka dapatkan untuk iPhone, headphone, kabel pengisi daya, dan unit catu daya untuk uang mereka.

Apa perbedaan iPhone 12 dan apa yang membedakan iPhone 13?

Ponsel dari Apple hanya berkembang sedikit dalam beberapa tahun terakhir dan perbedaannya hampir tidak terlihat oleh orang awam, karena perbedaan dengan model sebelumnya tidak hanya dalam desain, tetapi juga dalam teknologi bawaan. Namun, detail berikut membuat perbedaan dengan model sebelumnya:

Takik lebih kecil

Takik, potongan kecil di bagian atas layar untuk kamera dan face unlock Face ID, Apple berkurang di semua model iPhone 13 dan ini adalah perbedaan paling jelas pada iPhone 12. Pengurangan ukurannya adalah karena modul kamera di bawah layar, yang dapat diciutkan Apple dan menggunakan ruang yang dihemat sebagai area tampilan. Namun, sebenarnya manfaat dari penghematan ini sangat minim, karena di tepi atas layar iPhone 13 masih hanya menunjukkan status pengisian daya, jaringan seluler dan koneksi WLAN, serta penyedia jaringan.

Apple iPhone 13



Desain baru

Desain iPhone dulunya berubah setiap dua tahun, tetapi sekarang dibutuhkan waktu hingga tiga tahun sebelum desain baru yang "sepenuhnya" dapat diharapkan. Sudah di tahun sebelumnya, desain berubah menjadi iPhone sudut dan lekukan menghilang. Di iPhone 13, kecuali warna baru, ukuran takik dan terutama bagian belakang telah berubah. Dalam hal ini, Apple memperbesar modul kamera di semua model dan mengubah posisi lensa di iPhone 13 dan iPhone 13 mini. Orientasinya sekarang diagonal, bukan vertikal karena modul kamera telah berkembang dan tidak akan menemukan tempat sebaliknya. Pada model Pro, selain pembesaran lensa, tidak ada perubahan desain.

Tampilan lebih cerah dan lebih cepat

Perubahan terbesar dapat dilihat pada tampilan, karena mereka bersinar lebih terang dan pada saat yang sama memiliki kecepatan refresh yang lebih tinggi.

Kecerahan maksimum gambar diberikan dalam nits. Ini adalah sekitar 800 nits untuk model normal iPhone 13, 1000 nits untuk konten HDR, dan hingga 1200 nits untuk model Pro. Itu membuat iPhone biasa seterang model Pro tahun lalu, sementara perangkat Pro tahun ini bahkan lebih cerah. Ini membuat tampilan lebih mudah dibaca di bawah sinar matahari yang kuat.

Puncaknya, di sisi lain, adalah kecepatan refresh variabel hingga 120 Hertz di perangkat Pro. Ini sulit diungkapkan dengan kata-kata karena perbedaannya hanya dapat dilihat saat menggulir, menonton video, atau di antarmuka pengguna. Setiap "penghapusan" tampak lebih halus dan tidak ada bandingannya dengan model tahun lalu. Dalam dua model normal, bagaimanapun, Apple telah menempel pada kecepatan refresh 60 Hertz.

Daya tahan baterai lebih lama

Masa pakai baterai hingga tiga jam lebih lama di semua perangkat. Bahkan iPhone mini sekarang mencapai hingga sepuluh jam, bukan sekitar delapan jam sebelumnya. Pada model Pro berukuran besar, rata-rata pengguna smartphone bahkan bisa bertahan hingga dua hari tanpa harus mengisi daya iPhone.

Gambar iPhone



Gambar lebih jelas di malam hari

Berkat peningkatan aperture dan lensa yang lebih besar, model reguler dan Pro memotret gambar berkualitas lebih tinggi di malam hari. Sensor menyerap lebih banyak cahaya dan penstabil gambar pergeseran sensor mencegah rekaman video atau gambar menyentak. Namun, jika Anda hampir tidak pernah melakukan fotografi dan ingin mengambil bidikan cepat di siang hari, Anda tidak akan melihat perbedaan apa pun dengan model tahun lalu.

Jaringan telepon seluler yang lebih cepat di kota-kota besar

Jerman berada di bawah tanah dalam hal jangkauan jaringan seluler. Sementara pabrikan sudah mengerjakan 6G, jangkauan jaringan yang memadai dengan LTE di kota-kota kecil sudah merupakan keajaiban. Di kota-kota besar, di sisi lain, ekspansi sangat baik. Berlin, Munich, Hamburg, dan Cologne hanyalah beberapa contoh kecepatan koneksi raksasa berkat 5G. Apple telah mempersiapkan ini dengan membuka lebih banyak frekuensi dan bahkan kecepatan koneksi yang lebih cepat di iPhone terbaru. Untuk pengguna hardcore yang perlu mengunggah atau mengunduh file yang lebih besar setiap hari dan tinggal di kota, perbedaannya terlihat, pengguna pedesaan tidak akan melihat perbedaan apa pun.

Bagaimana cara mengaktifkan iPhone?

Dengan iPhone-nya, Apple memungkinkan commissioning smartphone yang paling sederhana. Pengaturannya hampir cukup jelas, namun asisten memandu pengguna melalui langkah-langkah individual. Ini adalah:

  • Nyalakan perangkat dan pilih bahasa dan negara
  • Jika Anda memiliki iPhone lama, transfer semua data ke yang baru melalui mulai cepat dan selesai
  • Jika tidak ada iPhone yang digunakan sebelumnya atau terdaftar sebagai perangkat baru, ikuti langkah selanjutnya
  • Sambungkan perangkat ke jaringan wifi/WLAN
  • Siapkan ID Wajah atau ID Sentuh dan kode sandi untuk membuka kunci perangkat Anda
  • Pulihkan data atau transfer dari cadangan serta perangkat Android jika diinginkan
  • Buat ID Apple atau masuk dengan yang sudah ada
  • Atur Siri dan fitur yang disarankan lainnya, jika diinginkan
  • Sekarang iPhone siap untuk memulai

Kesimpulan

Sepintas, perbedaan Apple iPhone 13 : PRO, MAX, MINI lagi-lagi hanya perbaikan kecil dari model tahun lalu. Namun, telah diperbaiki pada beberapa poin yang mungkin menentukan dalam pembelian model tahun ini dibandingkan tahun lalu. Masa pakai baterai yang lebih lama, tampilan yang lebih cepat, dan lekukan yang lebih kecil untuk lebih banyak ruang untuk menampilkan konten adalah peningkatan yang paling nyata, menjadikan iPhone terbaru sebagai smartphone terbaik yang dapat ditawarkan Apple saat ini.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Apple iPhone 13 : PRO, MAX, MINI"