Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulasan Cambridge Audio Melomania 1+

Bass - itulah hal pertama yang terlintas dalam pikiran ketika kita memikirkan Melomania 1+ dari pabrikan hi-fi Inggris Cambridge Audio. Melomania 1+ adalah penerus Melomania One, yang merupakan headphone in-ear debut Cambridge Audio. Kami memperkenalkan Anda pada headphone yang elegan dan berbagi pengalaman kami dengan Anda.

Cambridge Audio Melomania 1+



Detail Melomania 1+

  • Desain: tertutup, di telinga
  • Jenis koneksi: Bluetooth 5.0
  • Pengemudi: 5.8mm
  • Respons Frekuensi:  20Hz - 20kHz
  • Sensitivitas: 98dB
  • Koneksi (casing pengisi daya) : USB-C
  • Baterai: 9 jam, hingga 45 dengan kasing (dalam mode tidur)
  • tahan air IPX5 
  • Berat: masing-masing 4,6 g (bud), 37 g (casing pengisi daya)

Instalasi

Sebelum Anda dapat menggunakan Cambridge Audio Melomania 1+, Anda harus memuatnya. Kabel USB-C ke USB-A disertakan dengan headphone in-ear. Jadi, Anda dapat menggunakan kabel pengisi daya dengan colokan daya USB-A apa pun yang tersedia. Untuk mengisi daya headphone, Anda harus meletakkannya di wadah pengisi daya.

Cambridge Audio Melomania 1+

Anda dapat melihat status pengisian daya headphone melalui 5 LED putih di bagian depan casing pengisi daya. Setelah Melomania 1+ dimuat, Anda siap melakukannya. Keluarkan kedua earbud dari casing pengisi daya. Headphone akan menunjukkan kesiapannya untuk memasangkan Bluetooth dengan berkedip biru. Sekarang temukan headphone di ponsel cerdas Anda di antara perangkat berkemampuan Bluetooth dan sambungkan. Penting: Dalam ikhtisar perangkat Bluetooth Anda, earphone kiri atau kanan ditampilkan (jika dipasangkan, bahkan 2x). Itu pas, dua in-ear kemudian berpasangan satu sama lain.

Kemudian unduh aplikasi Melomania (tersedia gratis dari Apple App Store atau Google Play Store). Segera setelah Anda membuka aplikasi, Anda perlu membuat profil Cambridge Audio (misalnya melalui ID Apple, Google atau Facebook) dan memasukkan nomor seri headphone Anda. Setelah itu Anda akan mendapatkan pengenalan singkat. Di sini operasi dijelaskan kepada Anda dengan cepat dan mudah dengan menekan tombol serta penyisipan Melomania 1+ yang benar. Dengan yang terakhir, Anda harus memastikan bahwa lubang mikrofon (lubang kecil) mengarah ke bawah. Yang terbaik adalah meletakkan ibu jari Anda di atas lubang ini saat memasukkan earphone untuk mengetahui di mana bagian bawah earphone yang benar-benar bulat. Setelah perkenalan, aplikasi mungkin memberi Anda pembaruan perangkat lunak menyarankan. Lakukan ini untuk memperbarui headphone baru Anda. 

Dalam pengaturan Anda akan menemukan opsi mode Audio. Di sini Anda dapat beralih antara mode performa tinggi audio dan mode hemat daya. Secara default, mode kinerja tinggi diaktifkan. Di satu sisi, ini memastikan kualitas suara terbaik dan, di sisi lain, membutuhkan lebih banyak daya baterai. Dalam mode ini, baterai bertahan sekitar 7 jam, bukan 9 jam dalam mode hemat energi. Suara secara alami sedikit kurang kuat dalam mode hemat energi dan juga sedikit kurang bersih daripada dalam mode performa tinggi. Mengubah antara dua mode juga membutuhkan waktu beberapa menit, karena firmware harus dihapus dan dimuat ulang setiap kali. Oleh karena itu, kami hanya menyarankan untuk beralih ke dan menggunakan mode hemat energi, ketika daya tahan baterai yang sangat lama diperlukan. Misalnya selama penerbangan panjang atau perjalanan pada umumnya, di mana Anda tidak ingin dipisahkan dari musik di telinga Anda untuk sementara waktu, untuk mengisi daya Melomania 1+ di kasus pengisian sementara itu.

Tidak ada ANC? Banyak headphone in-ear dilengkapi dengan pembatalan bising aktif, juga dikenal sebagai Peredam Kebisingan Aktif (ANC). Melomania 1+ melakukannya tanpa teknologi ini. Tetapi itu tidak mengurangi kualitasnya. Di satu sisi, peredam bising pasif yang disediakan oleh earphone yang berada di liang telinga sudah sangat baik. Di sisi lain, ANC tidak hanya memiliki keunggulan dengan headphone in-ear, karena, misalnya, pernapasan Anda sendiri selama olahraga terdengar lebih jelas ketika ANC diaktifkan, sementara in-ear tidak sepenuhnya menghilangkan sumber kebisingan asing karena desain mereka. Selain itu, ANC selalu membuat kualitas suara menjadi sedikit lebih buruk. Oleh karena itu, Melomania 1+ melakukannya tanpa berbagai mikrofon (selain yang diperlukan untuk menelepon), menggunakan pengurangan kebisingan alami dan melakukan tugasnya dengan sangat baik.

Kualitas suara Melomania 1+

Cambridge Audio didirikan di Inggris Raya pada tahun 1968 selama masa kejayaan band-band Inggris. Sejak itu, pabrikan hi-fi telah mendedikasikan dirinya untuk pengeras suara dan sistem hi-fi. Namun pada tahun 2022, bagi banyak orang, headphone hanyalah bagian dari sektor hi-fi - sehingga Melomania 1+ adalah langkah pertama Cambridge Audio di bidang earphone setelah Melomania Touch (yang juga akan segera kami uji).. Cambridge Audio jelas mengelola debutnya dengan sangat baik. Cambridge Audio tidak menyebut headphone sebagai earbud, seperti banyak produsen lain, tetapi monitor in-ear mengacu pada monitor studio, yaitu kotak hi-fi kelas satu yang terutama digunakan dalam produksi musik. Apa yang terlihat dengan Melomania 1+ dari catatan pertama: Cambridge Audio tidak mencoba untuk netral. Bass selalu sedikit di latar depan tetapi dengan cara yang penuh kasih, hangat dan lembut. Seolah-olah Cambridge Audio ingin mengatakan "kami selalu membawa banyak volume ke berbagai hal dan tidak berhenti dengan in-ears." Bass adalah kekuatan yang jelas dari headphone ini.

Cambridge Audio Melomania 1+ menghasilkan suara yang lebih dari bass dan pada dasarnya jernih, detail, dan bulat. Namun, jika Anda suka mendengarkan musik dengan sangat keras, Anda harus tahan dengan sedikit spon, di sini kejernihan terasa hilang dan suaranya menjadi tidak bersih, terkadang tampak kabur. Cambridge Audio pasti memiliki ruang untuk perbaikan di sini. Namun, kita berbicara tentang rentang volume yang berada di luar 80 desibel yang sehat secara permanen. Anda pasti mendapatkan kualitas suara terbaik dengan Melomania 1+ dalam "rentang normal". 

Pecinta musik elektronik akan menyukai mendengarkan Melomania 1+. Dengan profil EQ yang ditentukan "Electric", in-ear benar-benar memberikan pesta di telinga. Bassnya kuat dan presisi di sini, seperti palu pandai besi dan memijat jiwa tanpa mengesampingkan rentang instrumental di tengah atau sorotan tertinggi. 

Di bawah "Equalizer" di aplikasi, Anda akan menemukan enam profil EQ siap pakai untuk genre musik yang berbeda. Misalnya, defaultnya adalah " Immersive ". Profil ini sangat dekat dengan "Netral" dalam hal pengaturan, tetapi melakukan apa yang dikatakan namanya: Itu membuat suara lebih mendalam, artinya Anda masuk lebih dalam ke musik, tampaknya lebih mengesankan, lebih luas, lebih dekat dengannya . Kami sangat menyukai profil EQ ini untuk musik klasik, folk, dan akustik, karena profil ini tidak membebani vokal di atas bagian-bagian instrumental yang halus, juga tidak membebani instrumen atau bass yang lembut, atau, dengan berbagai instrumen, memastikan bahwa semuanya baik-baik saja. seimbang sama-sama ikut bermain.

Jika Anda ingin membuat profil equalizer Anda sendiri, Anda akan menemukan 3 slot untuk disimpan.

Cambridge Audio Melomania 1+

Melomania 1+: kenyamanan & olahraga

Melomania 1+ hadir dengan total delapan pasang ujung telinga silikon  dan empat pasang ujung busa termasuk memori dalam ukuran kecil, sedang dan besar. Jadi harus ada ukuran yang tepat untuk setiap telinga. Mungkin Anda sudah tahu ukuran optimal untuk Anda dari headphone lain? Kemudian mulailah dengan yang ini. Biasanya ukurannya mirip. Namun, ini dapat bervariasi tergantung pada pabrikannya, kami merasa bahwa earbud Cambridge Audio sedikit lebih besar. Masukkan headphone dengan lembut dengan ujung telinga yang diinginkan ke dalam telinga. Perlekatan yang tepat jika masuk dengan baik ke dalam telinga, pada saat yang sama menutup dengan baik dengan saluran pendengaran dan tidak menekan. Gerakkan kepala Anda dengan gerakan yang lembut. Apakah headphone melonggarkan? Atau dia keluar? Kemudian lampiran mungkin terlalu kecil atau terlalu besar.

Sebagian besar pengguna mungkin akan menemukan lampiran busa memori sebagai solusi yang paling nyaman, karena busa lunak beradaptasi dengan sempurna ke saluran telinga dan dengan demikian memastikan tekanan sesedikit mungkin di telinga dan di sisi lain kualitas suara terbaik, karena ini membuat sebagian besar kebisingan luar dan pada saat yang sama musik dapat membuka efek terbesarnya.

Melomania 1+ juga bisa meyakinkan dalam olahraga. Kami berlari selama 40 menit dengan headphone in-ear dan ukurannya pas. Kurangnya peredam bising aktif sangat menguntungkan bagi atlet, karena ANC cenderung terus-menerus mendengar napas Anda sendiri. Ini tidak terjadi dengan Melomania 1+. Penekan kebisingan pasif memastikan bahwa Anda dapat berkonsentrasi dengan baik, dan pada saat yang sama Anda dapat mendengar suara sekitar yang penting secara wajar tepat waktu, kami ingin menunjukkan bahwa peningkatan kewaspadaan diperlukan, terutama saat berlari di jalan. 

Berkat sertifikasi IPX5 , Melomania 1+ tidak keberatan dengan keringat atau hujan. IPX5 adalah singkatan dari "tahan air". Artinya, bentuk-bentuk kelembapan yang disebutkan di atas, termasuk hujan lebat, tidak menjadi masalah, namun berenang dengan headphone tidak memungkinkan.

Kebetulan, Anda juga dapat menggunakan salah satu earphone saja atau melepasnya tanpa mengganggu suaranya. 

Melomania 1+: Kontrol dengan tombol

Sementara banyak earbud menggunakan kontrol ketuk, yaitu mengetuk bagian luar earphone, Cambridge Audio menggunakan  tombol yang ada di kedua earphone. 

Agar Anda tidak selalu harus membaca di aplikasi di awal perintah mana yang melakukan apa dengan tombol, Melomania 1+ hadir dengan kartu kecil yang praktis dengan perintah standar. Misalnya, satu tekan di kedua sisi akan menjeda/memutar lagu saat ini, klik dua kali ke kanan melompat ke lagu berikutnya, klik dua kali ke kiri ke lagu sebelumnya. Klik panjang di sebelah kanan meningkatkan volume, di sebelah kiri berkurang. Untuk perintah lainnya, lihat peta yang disebutkan. Di aplikasi Anda dapat menonaktifkan perintah individual serta kontrol earphone lengkap. Sebuah tugas individu atau perubahan tidak mungkin .

Kontrol melalui tombol bekerja dengan sempurna dan tepat. Menekan secara tidak sengaja, seperti yang terkadang terjadi pada earphone dengan kontrol sentuh, tidak mungkin dilakukan.

Cambridge Audio Melomania 1+



Hasil tes Melomania 1+

Dengan Melomania 1+, Cambridge Audio menghadirkan headphone in-ear yang sangat bagus. Kami sangat menyukai kualitas suaranya, terutama bass yang penuh dan bertenaga. Desainnya istimewa tapi cantik, dan joknya sangat bagus. Pilihan ujung telinga, terutama ujung busa memori, adalah fitur hebat dan harus memastikan bahwa hampir semua orang dapat memakai Melomania 1+ dengan nyaman.