Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BlackWidow V3 Mini Hyperspeed

Kami menguji Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed dan akan memberi tahu Anda apa yang dapat dilakukan oleh Razer keyboard gaming mini. The Black Widow adalah model hit Razer di keyboard gaming mekanis. Model pertama yang awalnya ditawarkan dengan iluminasi tombol biru dan kemudian hijau, dirilis pada 2010. Pada tahun 2014, Razer melengkapi edisi baru dengan sakelar kunci hijau atau oranye mereka sendiri. Dengan dirilisnya BlackWidow Chroma pada Oktober 2015, sakelar kunci Razer juga menerima pencahayaan RGB .

blackwidow v3 mini hyperspeed


Dengan BlackWidow Chroma V2 (2017) dengan sandaran tangan yang empuk, sakelar Razer lainnya memulai debutnya: Linear, senyap dan berkat pemicu yang dipersingkat (1,2 mm) dan perjalanan stroke (3,5 mm), juga sakelar Razer Yellow yang cepat. Pada awal tahun 2021, Razer memperkenalkan BlackWidow generasi ketiga, dengan BlackWidow V3 Pro juga menjadi keyboard gaming mekanik  nirkabel pertama dari pabrikan tersebut  .

Koneksi nirkabel ke komputer melalui nano-receiver 2,4 GHz dan Bluetooth (teknologi Razer Hyperspeed) juga menjadi salah satu fitur utama Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed. Ini juga memberi Razer desain yang sangat ringkas, di mana tombol kursor dan 4 tombol lainnya ada di blok tengah ( format 65 persen ). Meskipun Razer BlackWidow Chroma sangat kecil dan tidak memiliki baris tombol F, ini tidak hanya ideal untuk bermain game dan mengetik dengan benar. Ia juga menawarkan fitur dan kinerja untuk menyaingi kakak-kakaknya.

Razer Black Widow V3 Mini Hyperspeed - detail teknis, peralatan & mode koneksi

Spesifikasi teknis

Sebelum kami memberi tahu Anda bagaimana Razer Black Widow V3 Mini Hyperspeed telah meyakinkan kami dengan bentuknya yang hemat-ruang, peralatannya yang bagus dan sakelar kunci yang tahan lama dengan rasa mengetik yang hebat, kami akan menyajikan data teknis terpenting pada saat ini :
  • Jenis koneksi: Nirkabel melalui penerima nano 2,4 GHz (teknologi nirkabel Razer Hyperspeed) atau Bluetooth ; Kabel pengisi daya 2.0 m USB-C ke USB-A 2.0)
  • Iluminasi: Razer Chroma RGB per tombol iluminasi dengan 16,8 juta warna
  • Sakelar kunci yang tersedia: Sakelar Kuning Razer (linier, 45,9 gf [45,0 cN], penggerak 1,2 mm ± 0,4 mm dan travel 3,5 mm) dan Sakelar Hijau Razer (taktil haptik/akustik, 51 gf [50 cN], 1,9 mm ± 0,4 mm rilis dan 4,0 mm stop travel)
  • Umur sakelar kunci:  80 juta penekanan tombol
  • Makro: Tombol yang dapat diprogram dengan perekaman makro on-the-fly
  • Penyimpanan: Hybrid on-board dan penyimpanan cloud hingga 5 profil
  • Ekstra lainnya: N-Key - rollover , 1.000 Hz polling rate, double -shot ABS  keycaps, housing aluminium

BlackWidow V3 Mini Hyperspeed Equipment: Hampir tidak ada bedanya dengan yang besar

Meskipun Razer Black Widow V3 Mini Hyperspeed yang ringkas tidak memiliki 36 tombol dan kontrol volume terpisah dibandingkan dengan saudara besarnya BlackWidow V3 dan BlackWidow V3 Pro, ia tidak perlu bersembunyi di balik keyboard gaming format standar (105 tombol) Razer dengan peralatan. Sebaliknya, Razer bahkan memberinya kunci makro dan media.   

blackwidow v3 mini hyperspeed


Selain sandaran tangan, tombol media terpisah dan silinder logam untuk kontrol volume (BlackWidow V3) atau roda multifungsi digital (BlackWidow V3 Pro), peralatan Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed menawarkan semua yang diinginkan para gamer. keyboard gaming diharapkan dalam kisaran harga sekitar 3 jutaan. Ini termasuk, pertama-tama, iluminasi kunci individu yang dapat diprogram dalam spektrum warna RGB penuh dengan 16,8 juta warna. Ini untuk chroma Razer yang sangat luas - RGB - pencahayaan kosmos kompatibel dan melalui pemilihan cepat atau di Chroma Studio dari perangkat lunak Synapse, salah satu dari 11 efek dan opsi lain seperti arah lari, durasi atau kecepatan dapat diatur dan disimpan untuk setiap profil. 

Untuk menyimpan pengaturan pencahayaan hingga 5 profil, BlackWidow V3 Mini Hyperspeed dilengkapi dengan hybrid onboard dan penyimpanan cloud. Dalam praktiknya, ini berarti bahwa semua pengaturan yang dibuat untuk profil melalui perangkat lunak Synapse disimpan dalam chip memori  keyboard gaming dan di cloud Razer dan oleh karena itu tersedia di setiap komputer. Namun, prasyaratnya adalah perangkat lunak Synapse Razer yang sangat luas dan ramah pengguna telah diinstal di sana dan Anda telah mendaftar atau memiliki akses tamumenggunakan. Selain opsi pencahayaan dan pengaturan profil, kombinasi tombol yang diprogram sebagai makro juga menemukan ruang di memori internal Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed.

Fungsi makro Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed yang ringkas sama sekali tidak kalah dengan format standarnya yang lebih besar. Seperti semua model BlackWidow sebelumnya, makro juga dapat diprogram menggunakan editor makro dalam perangkat lunak atau dengan fungsi perekaman makro on-the-fly yang ada secara langsung menggunakan kombinasi tombol (tombol Fn + tombol Z dengan simbol M) dan kemudian menetapkan ke tombol dan profil yang saat ini dipilih. BlackWidow V3 Mini Hyperspeed juga memiliki empat tombol yang dapat digunakan untuk makro di sisi kanan luar keypad. Yang terakhir terutama dengan mereka yang berada di blok tengahfungsi untuk ditemukan "Del", "Page Up", "Page Down" dan "Insert". Namun, dengan menekan tombol Fn, empat tombol tambahan tersedia dengan tombol M1 hingga M4 yang dengannya kombinasi tombol dapat dipanggil.

Peralatan lainnya yang kami beri peringkat 2,07 ( grade: good ), mencakup enam tugas ganda untuk tombol "V" (mute), "B" (lebih tenang), "N" (lebih keras), "M" (play/ Pause) , "," (trek berikutnya) dan "." (trek sebelumnya) tombol media dan fungsi duplikasi tombol Razer Hypershift Ada juga kombinasi tombol (Fn + "Z"), yang dengannya mode permainan diaktifkan dan pada saat yang sama waktu tombol Win terkunci. Ekstra lain yang sangat berguna bagi para gamer adalah tingkat polling 1.000 Hz, rollover NKey (semua tombol secara teoritis dapat ditekan secara bersamaan) dan yang disebut double-shot keycaps. Mereka tidak hanya diterangi lebih baik daripada tutup kunci biasa oleh LED yang diposisikan di bagian atas sakelar kunci. Berkat proses pencetakan dua kali lipat, tulisan mereka tidak pernah aus. Selain itu, penutup tombol memiliki sisi ekstra tebal yang membuatnya sangat kuat dan juga ideal untuk pengoperasian terus menerus.

Mode koneksi BlackWidow V3 Mini Hyperspeed: Nirkabel ganda atau kabel

BlackWidow V3 Mini Hyperspeed bukanlah model nirkabel pertama di jajaran keyboard gaming. Seperti yang sudah disarankan oleh akhiran " Hyperspeed ", ia dilengkapi dengan teknologi transmisi nirkabel hemat energi Razer seperti BlackWidow V3 Pro yang besar atau  mouse gaming Basilisk Ultimate, Viper Ultimate atau Deathadder V2 Pro. Secara keseluruhan, keyboard gaming nirkabel menawarkan tiga mode koneksi.

blackwidow v3 mini hyperspeed


  • Razer Hyperspeed Wireless (2.4):
Dengan teknologi nirkabel yang dihadirkan Razer pada akhir tahun 2019 dengan diluncurkannya Razer Basilisk / Viper Ultimate, perangkat dalam hal ini Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed mengirimkan data secara nirkabel di 2,4 - GHz ke PC melalui penerima nano kecil. Menurut Razer, teknologi transmisi ini 25 persen lebih cepat dibandingkan teknologi serupa dari pabrikan lain, seperti Lightspeed milik Logitech atau Slipstream milik Corsair.

Untuk mencapai kecepatan transfer yang tinggi, desainer Razer telah meningkatkan protokol data dan mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mengirim data antara keyboard/mouse dan PC. Selain itu, ada frekuensi radio ultra-cepat yang semakin mempercepat transmisi. Ini menjamin tingkat polling konstan 1.000 Hz, yang tetap stabil dan menawarkan kinerja optimal bahkan dalam skenario dengan frekuensi radio yang sibuk. Inilah teknologi Frekuensi Adaptif Razer yang ditingkatkandigunakan, yang memindai setiap milidetik untuk saluran gratis dan kemungkinan gangguan. Keuntungan lain dari Razer Hyperspeed: Anda dapat menghubungkan mouse gaming Razer secara nirkabel (model yang didukung: Razer DeathAdder V2 Pro , Razer Naga Pro, Razer Orochi V2) bersama-sama dengan BlackWidow V3 Mini Hyperspeed atau periferal Hyperspeed baru lainnya melalui satu adaptor yang terhubung ke PC gamenya.

blackwidow v3 mini hyperspeed


  • Bluetooth (BT):
Meskipun konsumsi daya minimal merupakan keuntungan utama dari teknologi nirkabel berkecepatan tinggi 2,4 GHz Razer, koneksi nirkabel ke PC game melalui Bluetooth bahkan lebih hemat energi. Namun, prasyaratnya adalah bahwa papan sirkuit utama komputer dilengkapi dengan modul Bluetooth atau dongle Bluetooth dengan port USB tersedia. Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed juga dapat menghubungi smartphone, tablet, atau konsol game melalui koneksi nirkabel Bluetooth. Secara total, keyboard gaming dapat terhubung ke tiga perangkat Bluetooth. Hal ini dimungkinkan secara dinamis melalui kombinasi tombol (Fn + "1", "2" atau "3") untuk beralih di antara keduanya. Jika Anda ingin mengaktifkan mode koneksi Bluetooth untuk menghubungkan perangkat baru, kombinasi tombol Alt + Fn + "1", "2" atau "3" harus ditekan selama 5 detik.

blackwidow v3 mini hyperspeed


  • Kabel USB-C (posisi sakelar tengah) :
Kabel USB-C ke USB-A yang dapat dilepas, disertakan, dan panjang sekitar 200 sentimeter, tentu saja, terutama ditujukan untuk mengisi daya baterai di dalam keyboard gaming ringkas. Namun, jika BlackWidow V3 Mini Hyperspeed disambungkan ke port USB-A 2.0 PC gaming melalui kabel, tetap bisa digunakan saat proses charging tanpa harus menyalakannya . Sakelar di bagian belakang dapat tetap dalam posisi mati selama pengoperasian kabel. LED di sebelah sakelar menyala merah, baterai hampir kosong dan Razer BlackWidow V3 Mini harus disambungkan ke kabel pengisi daya. Setelah proses pengisian kurang dari 5 jam, baterai terisi penuh kembali.

Pilihan sakelar: Terdengar dan taktil vs tenang dan linier

Ciri khas dari semua keyboard gaming Razer BlackWidow sejak 2010 adalah sakelar kunci mekanis. Pada awalnya mereka berasal dari produsen sakelar terkenal Cherry, tetapi sejak 2014 Razer melengkapi keyboard BlackWidow dengan model internal. Tombol mekanis Razer tentu saja juga dapat ditemukan di BlackWidow V3 Mini Hyperspeed. Pembeli memiliki pilihan antara Sakelar Hijau Razer taktil dan Sakelar Kuning Razer linier yang memiliki karakteristik berbeda: 
  • Razer Green Switch (saklar tombol taktil):
blackwidow v3 mini hyperspeed


Sakelar kunci mekanis dengan cap silang hijau adalah sakelar paling populer di kalangan gamer menurut Razer. Ini adalah sentuhan ganda dan karena itu juga memberikan umpan balik ganda pada titik pemicu 1,9 mm ± 0,4 mm . Di satu sisi, suara klik dapat terdengar (umpan balik akustik). Di sisi lain, trigger point juga bisa dirasakan (haptic feedback). Dengan total stroke 4,0 mm dan gaya pelepasan yang dibutuhkan 50 cN ( centinewton ) atau 51 gf (gram force) varian sakelar hijau memiliki sifat yang mirip dengan Cherry's MX (RGB) Blue. Dengan tombol Razer Green, gamer menghargai titik pemicu yang tepat dan umpan balik dari sakelar yang memastikan bahwa Anda dapat melakukannya tanpa apa yang disebut " hammer through ", yaitu penekanan tombol yang berani, kuat, dan cepat hingga berhenti. Secara teoritis, jari dapat tetap berada di tutup tombol untuk beberapa penekanan tombol yang cepat. Namun, terlepas dari ketangkasannya, Razer Green Switch adalah sakelar kunci yang salah untuk gamer yang peka terhadap kebisingan dan juru ketik yang sering atau gamer yang tidak sendirian di dalam ruangan.
  • Sakelar Kuning Razer (Sakelar Kunci Teredam Linier):
blackwidow v3 mini hyperspeed


Sakelar kunci Razer dengan pendorong kuning termasuk pemegang keycap berbentuk silang berbeda dari varian hijau dalam sifat dasarnya. Ini linier, artinya Anda tidak dapat merasakan titik pemicu atau mendengar bunyi klik saat tercapai. Berbeda dengan sakelar hijau, titik pemicunya bukan 1,9 mm ± 0,4 mm tetapi 1,2 mm ± 0,4 mm. Karena seluruh stroke hanya 3,5 mm dan bukan 4,0 mm, pemicu dan titik berhenti dicapai lebih cepat dan orang berbicara tentang tombol cepat dengan Cherry's MX RGB Speed ​​​​Silversebanding. Selain itu, ada konstruksi isolasi di dalam tombol, yang selanjutnya mengurangi tingkat kebisingan yang sudah rendah. Gaya tekan tombol kuning Razer yang diperlukan untuk memicu hanya 45,0 cN (45,9 gf ). Bersama dengan pelepasan yang dipersingkat dan perjalanan keystroke, ini memastikan bahwa pemain dapat menekan tombol dengan sangat cepat dan kebisingan latar belakang tetap tertahankan bahkan ketika plunger mengenai dengan frekuensi tinggi ketika ditekan. Ini menyenangkan mereka yang banyak menulis dan membuat acara permainan yang sibuk lebih tertahankan bagi mereka yang hadir di ruangan itu.

Faktor bentuk: Ringkas dan hanya 65 persen ukuran keyboard standar

Seperti yang telah disebutkan, keyboard gaming kecil dan ringkas seperti BlackWidow V3 Mini Hyperspeed sangat populer di kalangan gamer. Sebagai alternatif format ukuran penuh dengan 105 tombol dalam tata letak MF/ISO standar, keyboard gaming ditawarkan dengan format berikut dan faktor bentuk terakhir yang tercantum dapat ditemukan di Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed:
  • Tenkeyless , format TKL pendek (84 tombol, tanpa tombol angka)
  • Format 60 persen (61 tombol, tanpa angka dan blok tengah)
  • Format 65 persen (69 tombol, tanpa tombol angka dan, misalnya, 8 tombol dari blok tombol tengah)
Untuk BlackWidow V3 Mini, Razer sengaja tidak memilih format TKL dari BlackWidow V3 TKL atau varian 60 persen seperti Huntsman Mini dengan 61 tombol. Di satu sisi, tujuannya adalah untuk menghadirkan gamer, tetapi juga pengguna kantoran dan mereka yang banyak menulis dengan keyboard yang ideal untuk pengaturan game minimalis atau lebih ringkas di mana ruang meja adalah hal terpenting. Di sisi lain, BlackWidow V3 Mini Hyperspeed, dengan format 65 persennya, harus memiliki empat tombol panah serta empat tombol lagi: " Del ", "Page Up ", "Page Down " dan " Insert " .blok tengah yang menawarkan fungsionalitas setinggi mungkin dalam bentuk yang ringkas.

Seperti yang bisa kita lihat saat bermain game, tetapi juga saat menulis dengan BlackWidow V3 Mini Hyperspeed, konsep Razer bekerja dengan sempurna. Gamer senang dengan 4 tombol blok tengah terpisah yang dapat digunakan untuk makro melalui sakelar Fn dan kontrol game dengan tombol kursor. Juru ketik yang produktif atau siapa pun yang menjelajahi web atau melakukan pekerjaan kantor mereka dengan keyboard gaming akan menghargai kemampuan menggunakan tombol panah dan tombol terpenting di blok tengah tanpa sakelar Fn.

Kemungkinan kerugian dari keyboard 60/65 persen adalah banyaknya tugas ganda yang menjadi perlu karena, misalnya, baris lengkap tombol F dan mungkin juga tombol panah dan fungsi dari blok tengah dihilangkan. Hal ini membuat pengetikan dan bekerja dengan keyboard lebih sulit karena, seperti dalam kasus Razer BlackWidow V3 Mini, tombol media, pengaturan kecerahan, dan perekaman makro langsung ditetapkan ke tombol biasa sebagai tugas ganda. Namun, Razer telah datang dengan sistem yang sangat baik untuk keyboard kompak, yang, dengan pengecualian tombol F, memiliki tiga tugas .dibebaskan. Pada gilirannya, semua ikatan ganda dicetak di bagian depan tutup tombol dan setelah menekan tombol Fn, semua tombol ikatan ganda akan menyala putih . Keduanya sangat membantu dalam lingkungan yang gelap, tetapi juga memastikan bahwa kesalahan dapat dihindari saat mengetik dengan sentuhan dan pencarian tombol dengan fungsi tambahan sangat cepat.

Terakhir, sedikit tentang ergonomi Razer BlackWidow V3 Mini. Tentu saja ini kurang maksimal karena tidak ada palm rest dan tuts yang sangat berdekatan karena desainnya. Namun, karena ujung depan sangat miring, bagian atas meja menjadi sandaran tangan. Sebuah mouse pad yang terlalu besar, di mana keyboard juga berdiri, pasti membuat istirahat telapak tangan lebih menyenangkan. Anda juga harus melakukannya tanpa penyesuaian ketinggian dua tahap untuk posisi tangan yang ergonomis di mana jari-jari jatuh sedikit ke depan.  

Black Widow V3 Mini Hyperspeed: Perangkat lunak sinapsis

blackwidow v3 mini hyperspeed


Selain perekaman makro langsung, semua pengaturan harus dilakukan dalam perangkat lunak Synapse. Namun, karena ini rapi, mudah digunakan dan ekstensif, mengubah efek pencahayaan, merekam dan menetapkan makro ke tombol tertentu dan mengelola energi dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik mouse.          

Selain pilihan cepat di bawah "Pencahayaan", Chroma Studio juga tersedia untuk trik cahaya RGB warna-warni. Di sini Anda memilih gimmick cahaya yang diinginkan di bawah "Tambahkan efek" dan kemudian Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed dalam pemilihan cepat. Kemudian Anda dapat menentukan apakah semua atau hanya tombol tertentu yang harus menyala dan efeknya sudah dapat dilihat di pratinjau. Selain itu, Anda dapat memodifikasi dan menyimpan efek pencahayaan dengan pengaturan yang tercantum di sisi kanan. Jika Anda menginginkan pencahayaan warna individual, Anda dapat melakukannya setelah memilih efeknyaTetapkan warna iluminasi "Statis" untuk setiap tombol individual dengan klik mouse menggunakan skala warna yang ditampilkan di bawah opsi "Warna" .   

Makro dicatat di manajer makro perangkat lunak Synapse ( tab: makro ) dan kemudian disimpan dengan nama. Alat ini juga merekam jeda antara penekanan tombol dan mereproduksinya saat memainkan makro. Ini sangat penting bagi semua pemain yang sering membutuhkan kombinasi tombol tertentu dengan urutan waktu yang tepat. Penundaan didaftarkan dan diterapkan bahkan jika Anda merekam makro secara langsung dengan kombinasi tombol .

Kunci dari makro yang direkam kemudian ditetapkan menggunakan opsi "Sesuaikan". Setiap tombol dapat dipilih dengan klik mouse, misalnya untuk menetapkan makro yang disimpan atau fungsi keyboard, mouse dan multimedia. Fitur Hypershift sangat menarik di sini yang dengannya setiap tombol dapat diberi fungsi kedua atau makro lainnya. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu memilih kunci yang Anda tetapkan fungsi "Hypershift" .untuk menetapkan. Setelah ini selesai, tombol itu berfungsi sebagai sakelar, dan ketika ditekan, fungsi sekunder yang ditetapkan ke tombol lain menjadi tersedia. Meskipun pemrograman dan bekerja dengan fungsi Hypershift memerlukan beberapa latihan dan waktu, itu membuat Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed keyboard gaming dengan banyak fungsi tambahan yang sangat berguna tidak hanya untuk bermain game, tetapi juga untuk bekerja dan menulis.

Dengan keyboard nirkabel, penting juga bahwa perangkat lunak memiliki fungsi hemat daya. Di Sinapsis Razer, di bawah opsi "Daya" , Anda akan menemukan langkah-langkah untuk mengurangi konsumsi daya BlackWidow V3 Mini Hyperspeed. Di satu sisi, Anda menentukan di sini setelah berapa menit tidak aktif dalam operasi nirkabel, pencahayaan redup. Di sisi lain, Anda mengatur di sini setelah berapa menit penggunaan keyboard gaming nirkabel harus beralih ke mode hemat daya.

Menurut Razer, itu akan bertahan hingga 200 jam dengan lampu dimatikan, tetapi tidak ada informasi apakah itu memiliki koneksi nirkabel atau Bluetooth. Dalam uji praktik kami, kami dapat menggunakan BlackWidow V3 Mini Hyperspeed yang terhubung ke PC melalui radio 2,4 GHz dan menyala dengan "gelombang warna" pada tingkat kecerahan tertinggi, selama sekitar 16 jam tanpa gangguan sebelum LED di sebelah sakelar mode mulai berkedip merah.

Kesimpulan

Razer BlackWidow V3 Mini adalah keyboard gaming yang ringkas namun dilengkapi dengan baik. Tata letak kuncinya dipikirkan dengan baik dan tombol panah tambahan dan empat tombol dari blok tengah yang dapat digunakan terutama untuk pekerjaan kantor sehari-hari tetapi juga untuk makro, menjadikan Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed perangkat input yang direkomendasikan untuk gamer dan penulis. Kedua jenis pengguna juga mendapat manfaat dari sakelar kunci mekanis, dengan pilihan antara sakelar hijau taktil yang bising dan tombol kuning linier yang tenang. Razer BlackWidow V3 Mini Hyperspeed menggabungkan desain yang ringkas dengan fungsionalitas maksimum dan peralatan terbaik dan juga dapat dengan mudah dikonfigurasi dan disesuaikan dengan perangkat lunak Synapse yang mudah digunakan.

Posting Komentar untuk "BlackWidow V3 Mini Hyperspeed"