Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulasan Asus ROG Keris Wireless Secara Detail

Mouse gaming tanpa kabel telah populer di kalangan gamer PC selama beberapa tahun karena mereka menawarkan fitur yang sama dan kinerja pelacakan presisi tinggi seperti rekan-rekan kabel mereka, terlepas dari kebebasan nirkabel. Asus telah mengenali tren ini sejak lama dan saat ini memiliki 7 mouse gaming dalam jangkauannya: ROG Spatha X, ROG Chakram, ROG Gladius II/III Wireless, ROG Strix Impact II Wireless, ROG Strix Carry dan ROG Pugio II  dalam portofolio, melalui penerima nano 2,4 GHz dan Bluetooth lakukan kontak dengan PC. Dengan pengecualian ROG Strix Carry, mouse gaming ini memiliki ukuran biasa dan seperti ROG Sparta X (168 g), ROG Chakram (122 g), atau ROG Pugio II (102 g), cukup berbobot. Dengan ROG Keris Wireless baru, Asus kini telah meluncurkan mouse gaming nirkabel kecil dan ringan 79 g dengan dimensi ringkas (62,0 × 39,0 × 118 mm [L × H × D], perkiraan volume: 75 cm³ ). hanya cocok untuk penggemar gamer dan penembak yang lebih menyukai mouse nirkabel ringan.

Asus ROG keris wireless


ROG Keris Wireless juga dibentuk untuk dioptimalkan untuk gaya genggaman cakar dan ujung jari serta ukurannya pas di tangan berukuran kecil atau sedang. Namun bobotnya yang rendah dan bentuknya yang ringkas bukanlah satu-satunya fitur yang Asus ROG Keris Wireless yakin dalam ujian.

Spesifikasi Asus ROG Keris Wireless

Sebelum kami memberi tahu Anda mengapa Asus ROG Keris Wireless layak mendapatkan penghargaan kinerja harga kami dengan peralatannya termasuk ekstra khusus dan kinerja pemindaian yang sangat baik, pertama-tama kami akan menyajikan data teknis terpenting  :
  • Jenis koneksi: 2,4 GHz , Bluetooth LE dan kabel USB-C ke USB-A (ROG Paracord)
  • Daya tahan baterai menurut pabrikan : 78 jam / 56 jam dengan pencahayaan RGB
  • Jumlah tombol : 5 tombol  yang dapat diprogram secara bebas + roda gulir
  • Sensor : Pixart PAW 3335 dengan 1 6.000 Dpi  dan hingga 400 IPS (inci per detik), akselerasi maksimum 40 G dan laju sampling 1000 Hz
  • Optimalisasi Pengambilan Sampel CPU ARM : Ya , pengaturan jarak angkat dan sudut gertakan lanjutan dalam perangkat lunak Armory Crate 
  • Sakelar Tombol utama dan masa pakai menurut pabrikan : Sakelar mikro ROG dengan hingga 70 juta operasi 
  • Penyimpanan Internal : Penyimpanan internal hingga 3 profil 
  • Pencahayaan : Pencahayaan Asus Aura Sync RGB untuk roda gulir dan logo belakang 
  • Fitur lain : Fungsi Makro,  Pengalih Dpi di bagian bawah (4 level ditunjukkan oleh warna iluminasi roda mouse ), sepasang kaki luncur PTFE
  • Ekstra khusus : Dua set tombol samping yang dapat diganti (warna pink/abu-abu) , soket sakelar push-fit eksklusif untuk penggantian sakelar tombol utama tanpa alat (termasuk (2 sakelar Omron) 

Asus ROG Keris Wireless: Ringan, tetapi banyak tambahan dalam hal peralatan

Dengan tombol samping yang dapat dipertukarkan dan teknologi soket sakelar push-fit yang dikembangkan Asus, yang memungkinkan sakelar tombol utama Omron dilepas untuk menukarnya dengan yang baru, Asus ROG Keris Wireless menawarkan opsi yang fungsional dan cukup berkelanjutan. Namun peralatan biasa juga mengesankan dan menawarkan hampir semua yang diharapkan para gamer dari desain ringan nirkabel yang dirancang khusus untuk judul FPS.

Asus ROG keris wireless


Asus ROG Keris Wireless, yang mengirimkan datanya ke PC melalui radio 2,4 GHz dan Bluetooth atau dapat digunakan dengan kabel pengisi daya berlapis kain (USB-C ke USB-A), hanya berbobot 79 g meskipun sudah Bobot rendah ini dimungkinkan oleh struktur internal seperti sarang lebah dari rumahan yang membuat mouse tangan kanan lebih ringan, tetapi tetap menjamin stabilitas konstruksi. Baterai di dalam casing yang tidak dilapisi memiliki kapasitas 500 mAh dan menurut Asus akan bertahan 78 jam tanpa pencahayaan RGB dan 56 jam dengan dihidupkan bertahan.

Seperti layaknya mouse gaming yang direkomendasikan, ROG Keris Wireless juga dilengkapi dengan pencahayaan RGB. Asus menyebut pencahayaan Aura Sync RGB ini dan memiliki 8 efek termasuk pengaturan kecepatan dan arah dan mode individual per profil. Yang terakhir ini dapat dengan mudah dibuat dalam perangkat lunak Armory Crate yang sangat ekstensif dan mudah digunakan. Anda juga memerlukan perangkat lunak yang sangat ramah pembaruan untuk mengubah efek pencahayaan Aura Sync RGB atau untuk membuat 3 profil yang dapat disimpan dan menetapkan pengaturan tertentu kepada mereka. Armory Crate juga ikut bermain saat Anda menggunakan makro dan kemudian ingin menetapkannya ke salah satu dari 5 kunci yang dapat diprogram. Meskipun kombinasi tombol disimpan dalam memori Asus ROG Keris Wireless, kombinasi tersebut hanya tersedia di PC gaming dengan Armory Crate terpasang.

Asus ROG keris wireless


Penerangan roda mouse yang memiliki lapisan karet dengan struktur untuk nuansa yang lebih baik, juga menunjukkan kepada Anda mana dari 4 kemungkinan level Dpi yang telah Anda pilih. Tidak seperti mouse gaming kebanyakan tombol Dpi pada Asus ROG Keris Wireless ada di bagian bawah di atas tombol pairing. Ini akan mencegah laju DPI berubah secara tidak sengaja selama penggunaan mouse yang sibuk, tetapi sebaliknya akan mempersulit pengurangan laju pengambilan sampel secara sengaja.

Selain tambahan khusus yang akan kami sajikan di bawah ini, perangkat Asus ROG Keris Wireless juga dilengkapi dengan 2 tombol utama yang terbuat dari polimer PBT dengan permukaan yang kasar dan tidak licin, kompartemen untuk penerima nano di bagian bawah, yang sangat kabel koneksi paracord ROG yang fleksibel dan panjang 200 cm, tingkat polling 1.000 Hz dengan pemindaian tanpa kabel dan kaki mouse omni ROG yang terbuat dari PTFE. Yang terakhir dapat ditukar dengan set baru, yang disediakan. Selain itu, 5 elemen geser memastikan Anda dapat memindahkan Asus ROG Keris Wireless secara optimal dan sangat mudah di atas mouse pad gaming, paling tidak berkat bobotnya yang ringan.

Ubah sakelar tombol utama dan tukar tombol samping

Fitur khusus ROG Keris adalah kemampuan untuk menukar tombol samping. Selain itu, dasar sakelar push-fit adalah konstruksi yang memungkinkan sakelar dari dua tombol utama diubah, misalnya jika salah satunya rusak. Namun, Asus ROG Keris Wireless bukan satu-satunya mouse gaming dari Asus yang memungkinkan pertukaran switch. Ekstra ini sudah tersedia di ROG Gladius 2 dan juga tersedia di hampir semua model koleksi mouse gaming Asus saat ini.

Asus ROG keris wireless


Tombol samping modular Asus ROG Keris Wireless

Asus ROG keris wireless


Aksesori yang disertakan dengan Asus ROG Keris Wireless termasuk dua set tombol samping alternatif. Meskipun warnanya berbeda, tidak ada perbedaan dalam ukuran, tekstur permukaan, atau sifat utama. Apa yang juga hilang adalah lebih banyak sampul kosong untuk gamer yang ingin bermain tanpa tombol samping. Mengubah tombol samping atau keycaps berwarna merah muda, abu-abu atau hitam-transparan itu mudah, karena memiliki konstruksi magnet pada microswitch. Hanya melepas tutup dengan jari Anda pada awalnya agak sulit, tetapi menjadi sangat mudah setelah beberapa pengulangan.

Namun, konstruksi ini tidak hanya bertujuan untuk mempercantik Asus ROG Keris Wireless secara optikal. Ini juga dapat memperpanjang umur mouse gaming karena Anda memiliki pengganti keycap yang rusak. Namun, orang hanya dapat berbicara tentang keberlanjutan sampai batas tertentu di sini, karena sakelar di bawah tutup yang dapat diganti akan lebih cepat aus.

Saklar kunci untuk menggantikan

Asus ROG keris wireless


Di bawah dua tombol utama Asus ROG Keris Wireless terdapat dua tombol mekanis yang disebut mikroswitch ROG yang mana Asus menjamin masa pakai 70 juta klik. Namun, sakelar tombol utama yang dilengkapi dengan titik kontak gold tidak disolder ke papan sirkuit mouse. Mereka ditempatkan dalam desain yang dikembangkan oleh Asus yang disebut basis sakelar push-fit dan sangat mudah untuk ditukar. Sakelar dapat dilepas dari atau dimasukkan ke dasar tanpa pekerjaan menyolder. Namun, Anda harus membuka mouse untuk melakukan ini, yang dapat dilakukan dengan instruksi yang disediakan dengan sangat cepat.      

Teknologi ini bukanlah hal baru, karena telah menjadi bagian dari mouse Asus yang dirancang untuk para gamer selama beberapa tahun. Dengan hewan pengerat ini, seperti halnya ROG Keris Wireless, pabrikan menempatkan dua sakelar Omron tambahan dengan karakteristik klik yang berbeda di dalam kotak. Fitur ini jelas lebih berkelanjutan daripada tombol samping (caps) yang dapat ditukar. Jika sakelar rusak, sakelar itu dapat diganti dengan mudah tanpa harus mengambil besi solder. Sehingga mouse dapat digunakan kembali dan tidak ada tempat untuk sampah elektronik. Omong-omong, titik tekanan tombol bawaan Asus ROG bawaan pabrik sangat bagus dan tajam.

Asus ROG keris wireless


Dioptimalkan untuk gaya genggaman cakar dan ujung jari

Dengan tombol utamanya yang pendek dan casing yang tipis 62 mm dan panjang yang ringan hanya 112 mm, bentuk Asus ROG Keris Wireless memang sengaja dibuat ringkas. Oleh karena itu, mouse gaming sangat pas di tangan berukuran kecil dan sedang, sementara gamer dengan tangan besar akan memiliki jari telunjuk dan tengah yang menonjol terlalu jauh di atas tombol utama. Selain itu, jika Anda memiliki tangan yang besar akan lebih sulit untuk mengoperasikan dua tombol samping dengan ibu jari Anda, karena ini terlalu jauh ke depan saat menggenggam mouse gaming.

Bentuk dan ukuran serta ergonomis Asus ROG Keris Wireless dirancang untuk para gamer dengan tangan berukuran kecil atau sedang. Mereka kemudian tidak memiliki masalah mengaktifkan tombol ibu jari dengan ujung dan akar ibu jari dan menekan tombol utama dengan ujung jari. Namun, masalah sakelar Dpi yang salah tempat di bagian bawah di sebelah sakelar jenis koneksi, menurut pendapat kami, terlepas dari ukuran tangan atau gaya genggaman yang digunakan untuk menggerakkan mouse di atas alas mouse.

Selain itu, Asus ROG Keris Wireless tidak menawarkan ergonomis yang optimal untuk semua jenis grip. Seperti yang dinyatakan Asus sendiri di halaman produk, bentuk housing mouse gaming telah dioptimalkan untuk grip cakar dan grip ujung jari yang juga menjelaskan casing pendek dan tombol utama yang diperpendek. Anda akan melihat bahwa bentuk datar tidak duduk ideal di telapak tangan Anda dan bahwa telunjuk dan jari tengah menonjol jauh melampaui dua kunci utama, tergantung pada ukuran tangan. Jika Anda sudah terbiasa, Anda akan cukup akrab dengan Asus ROG Keris Wireless sebagai pemain palm grip, tetapi itu bukan mouse yang sempurna untuk gamer yang lebih suka menggunakan mouse dengan cara ini.

Sebagai gantinya, kami kehilangan lapisan karet atau struktur anti selip di lubang ibu jari dan bagian samping tempat jari manis dan jari kelingking diletakkan pada mouse yang dirancang untuk dua gaya genggaman lainnya . Mouse gaming tidak licin, tetapi elemen ini akan meningkatkan cengkeraman pada tangan yang sedikit berkeringat.

Sensor hemat daya dengan pemindaian yang sangat baik dan ketinggian pengangkatan yang rendah

Terakhir, mari kita beralih ke performa Asus ROG Keris Wireless. Sensor yang perilaku pemindaiannya berkontribusi signifikan terhadap tingkat kinerja adalah Pixart PAW 3335, yang memindai hingga 16.000 dpi pada kecepatan maksimum 400 IPS (inci per detik) dan akselerasi maksimum 40 G. Namun, Pixart PAW 3335 bukanlah hal baru dan secara teknis tidak secanggih Pixart PMW 3389 ( 16.000 Dpi ), Roccat Owl Eye 19K ( Pixart PMW 3370 , 19.000 Dpi ), Pixart 3389 Pro ( 20.000 Dpi ) atau Razer Focus+( Pixart 3399 , 25.000 dpi ). Di sisi lain, ia mengkonsumsi sedikit energi dan sebagai unit pemindaian optik (IR-LED) hemat daya merupakan pusat daya yang tepat untuk mouse gaming tanpa kabel yang ditenagai oleh baterai internal. 

Dalam hal kinerja pemindaian, Pixart PAW 3335 tidak perlu bersembunyi dari sensor Pixart yang tercantum di atas. Meskipun mereka memiliki tingkat Dpi yang lebih tinggi, mereka tidak selalu memiliki akurasi yang lebih tinggi. Karena banyak gamer, terutama pemain e-sports profesional hanya bermain dengan tingkat DPI 800 DPI hingga 1.000 DPI, Asus ROG Keris Wireless dengan 16.000 DPI dan tingkat polling tinggi 1.000 Hz pasti sangat bagus untuk bermain game di komputer.

Bahkan pada maksimum 16.000 dpi, ia memindai dengan sangat tepat dan tanpa latensi yang terlihat, sambil tetap sangat mudah dikendalikan. Opsi untuk mengoptimalkan pemindaian untuk permukaan tertentu (kalibrasi permukaan) tidak tersedia dalam perangkat lunak Armory Crate. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan gertakan sudut sesuai selera Anda dan meminimalkan ketinggian pengangkatan, juga dikenal sebagai jarak angkat. Yang terakhir ini bekerja dengan sangat baik dan kami mengukur jarak lepas landas hanya 0,9 mm. Pixart PAW 3335 sejajar dengan Pixart PMW 3399 (Focus+) dan Roccat Owl Eye dalam hal ketinggian pengangkatan, meskipun keduanya memiliki tingkat Dpi yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Asus ROG Keris Wireless yang ringkas meyakinkan dengan peralatan yang bagus. Ini termasuk tiga opsi koneksi (2,4 GHz, Bluetooth, kabel USB), pencahayaan RGB, dan sakelar Dpi. Di sisi lain, skor ringan dengan tambahan fungsional dan sebagian berkelanjutan seperti tutup tombol ibu jari yang dapat ditukar, set kedua kaki mouse atau sakelar tombol utama yang dapat ditukar tanpa menyolder. 

Ergonomis Asus ROG Keris Wireless berukuran sedang tidak ideal untuk para gamer dengan tangan yang besar, terutama jika mereka lebih menyukai genggaman tangan. Namun, kemungkinan kekurangan ini dikompensasi oleh kinerja pemindaian yang tepat dan ketinggian pengangkatan yang rendah.

Posting Komentar untuk "Ulasan Asus ROG Keris Wireless Secara Detail"